Resmi Dilantik Hari Ini, Riana Sari Arinal Harap DPD LASQI Lampung Selatan Dapat Tingkatkan Produktivitas Seni Musik Islami

Lampung Selatan, Mediapromoter.id – Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qosidah Indonesia (LASQI) Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal, melantik Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LASQI Kabupaten Lampung Selatan periode 2020-2025 di Aula Hotel Raden Intan Begadang III, Branti, Kecamatan Natar, Selasa (25/1/2022).

Usai melantik, Riana Sari Arinal menjelaskan, LASQI merupakan wadah yang menghimpun dan membina serta mengembangkan berbagai corak musik islami, yang bermula dari seni gambus atau yang biasa dikenal dengan nama mawalan.

“Seiring berjalannya waktu, LASQI memperluas sasaran binaannya kepada seni musik islami lainnya, seperti marhaban, marawis, gambus dan lain-lainnya. Dengan tujuan sebagai ruang silaturahmi yang saling asah, asih dan asuh,” jelasnya.

Riana Sari Arinal menambahkan, tingkat kepengurusan LASQI yang terdapat mulai dari pusat hingga desa, ditujukan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang ingin turut berkontribusi dalam pembangunan daerah, melalui seni musik islami.

“Ini artinya, LASQI ingin menjangkau seluas-luasnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebab hanya dengan pastisipasi aktif masyarakat, LASQI akan tumbuh dan berkembang pesat,” jelasnya lebih lanjut.

Oleh karena itu, dengan dilantiknya Kepengurusan DPD LASQI di Kabupaten Lampung Selatan, Riana Sari Arinal berharap, dapat meningkatkan kegiatan dan produktivitas musik islami di seluruh kalangan masyarakat.

“Dengan telah dilantiknya kepengurusan DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan, saya mengucapkan selamat dan berharap aktivitas dan produktifitas seni musik islami di Kabupaten Lampung Selatan ini akan semakin semangat dan maju,” harapnya.

Selain itu, Riana Sari juga menyarankan, agar DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan segera membentuk pengurus tingkat kecamatan dan Kelurahan/Desa. Hal itu, dilakukan guna mendorong perkembangan dan kemajuan musik islami di daerah.

Baca Juga :  Tak Kunjung Diperbaiki Jalan Penghubung Dua Kabupaten, Buyung Alamsyah Uruk Jalan Kanoman

“Oleh karenanya hendak juga dilakukan juga pembentukan dan pelantikan Pengurus LASQI di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Sehingga, dapat dilakukan inventarisir dan pembinaan terhadap komunitas atau group musik islami yang potensial di daerah,” tambahnya.

Sementara, Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengucapkan terimakasih dan menegaskan, akan menjalankan amanah yang telah diberikan dengan baik dan penuh tanggungjawab.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum DPW LASQI atas dikukuhkannya saya sebagai Ketua LASQI Lampung Selatan Periode 2020-2025. Insyaallah kepercayaan, tugas serta amanah yang diberikan kepada kami segenap pengurus LASQI akan kami jalankan dengan penuh tanggungjawab,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Winarni juga mengajak seluruh jajaran pengurus DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan untuk bersama-sama mendorong masyarakat terutama kaum millenial, agar dapat terus melestarikan musik islami pada era globalisasi seperti sekarang ini.

“Saya juga mohon kepada pengurus LASQI Kabupaten Lampung Selatan, untuk bagaimana kita bisa memajukan seni qosidah di Lampung Selatan, sesuai dengan harapan pengurus LASQI dari pengurus LASQI pusat khususnya. Kemudian juga, menjalankan arahan dan program dari Program DPW LASQI Provinsi Lampung,” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Winarni, pihaknya akan membentuk kepengurusan LASQI tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Dengan demikian, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam menemukan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang seni musik islami.

“Akan kita bentuk dari tingkat anak anak remaja. Insyaallah bu, seni qosidah ini akan kami gerakkan, dibudayakan juga. Pada tingkat sekolah seperti madrasah misalnya, kita perkenalkan mulai tingkat anak-anak hingga dewasa. Insyaallah apa yang nanti menjadi arahan dari ibu akan kami laksanakan,” pungkasnya. (Rd/Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.