Disnakeswan Lucurkan Program “Trio Instan” Sebagai Solusi Peternak Sapi Dalam Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

Lampung Selatan, Mediapromoter.id – Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lampung Selatan melakukan sosialisasi program Trio Instan ( Transfer Embrio, Inseminasi Buatan dan Penanganan Kelahiran) di Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kamis ( 3/02/2022).

Sosialisasi perdana tersebut diluncurkan pada kegiatan musrembangcam di kecamatan Tanjung Bintang

dan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berkesempatan melakukan penyuntikan kepada sapi yang telah disediakan.

Rini Ariasih Kepala Disnakkeswan Lampung Selatan mengatakan, Trio Instan merupakan suatu inovasi pelayanan mobil keliling yg melayani aplikasi teknologi reproduksi dengan pelayanan transfer embrio dan inseminasi buatan yg merupakan teknologi perkawinan sapi untuk menghasilkan anakan sapi yg lebih unggul dari induknya.

“Transfer Embrio merupakan teknologi bayi tabung sapi dengan memasukan embrio sapi dengan grade murni yg akan menghasilkan sapi kualitas bibit dengan genetik murni,”ungkapnya.

Rini juga menjelaskan, Inseminasi buatan merupakan teknologi kawin suntik untuk menghasilkan anakan sapi dengan perbaikan genetik dari pejantan unggul yang akan menghasilkan anakan hasil persilangan.

“Teknologi ini sudah dikenal oleh peternak secara luas dan mampu meningkatkan kesejahteraan peternak,”ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata itu juga memaparkan, penanganan kelahiran merupakan upaya upaya khusus untuk membantu proses kelahiran, terutama kelahiran dengan kendala tertentu atau distokia (sulit melahirkan pada sapi).

“Upaya ini kadang bahkan membutuhkan tindakan operasi cesar untuk penyelamatan induk dan pedetnya,”paparnya.

Rini juga menambahkan Lampung Selatan merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang mempunyai tim penanganan operasi hewan besar, baik itu cesar maupun operasi-operasi lainnya.

“Harapan saya dengan adanya mobil layanan trio instan, dapat mempermudah perternak untuk mendapatkan pelayanan ini karena mobil ini nantinya akan mobile ke melayani ke 17 kecamatan yang ada di Lampung Selatan,”tutup Rini. (Rd/Li)

Baca Juga :  Diduga Kelompok Tani Mudi Makmur Manipulasi Angota Kelompok, Harga Pumpuk Subsidi Menjadi Non-subsidi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.