Pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan VII Resmi Dibuka

Lampung, Mediapromoter.id — Drs. H. Karwito, MM, selaku PLt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, memberikan arahan pada acara Pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan VII, yang dilaksanakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI, di Swiss-Belhotel Lampung, selasa (5/4/22)

Hadir dalam Acara Pembukaan kegiatan Kali ini PLt. Kakanwil Kemenag Lampung, Drs. Hi. Karwito, MM, Kepala Pusdiklat Tenaga Pendidikan dan Keagamaan, Dr. H. Imam Safe’i, M, Pd., Kepala Loka Lampung, Agus Apriansyah, S.Kom. MM, Koordinator bidang Program dan pengendali mutu H. Asep Hadiat SH, MH serta segenap panitia.

Dalam laporannya ketua panitia Asep Hadiat, S.H, MH, menyampaikan Diklat Pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan VII secara tatap muka yang diikuti oleh 30 orang peserta di wilayah kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, yang dilaksanakan pada selasa s.d. Minggu, 5 s.d. 10 April 2022.

Peserta berasal dari 6 (enam) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) yang masih dalam taraf pengembangan, terdiri dari dari unsur kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah, komite Madrasah, guru, dan pengawas dari enam Madrasah dari 3 Kabupaten yang jarak tempuhnya lumayan jauh dari Bandar Lampung yaitu MIN 1 Lampung Barat, MIN 2 Lampung Barat, MIN 3 Way Kanan, MIN 2 Way kanan, MIN 4 Lampung Utara dan MIN 6 Lampung Utara.

Dalam kesempatan kali ini Drs. Hi. Karwito, MM selaku PLt. Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung dalam arahannya menyampaikan “bila Inovasi dalam pengelolaan pendidikan dapat berwujud bermacam-macam yang mampu menunjukkan ciri khas dari sebuah lembaga pendidikan tertentu.

Inovasi menjadi hal yang penting dilakukan dalam meningkatkan kualitas Madrasah dan menjadikan madrasah sebagai madrasah yang inovatif yaitu madrasah yang terus-menerus melakukan pembaharuan dalam merespons perubahan lingkungan, memiliki kemampuan mengembangkan ide-ide baru untuk meningkatkan lembaganya, sehingga adaptif terhadap perubahan jaman.

Baca Juga :  Musnahkan Narkotika Senilai 271,8 Miliar, Kapolda Lampung : 99 Persen Pelaku Kejahatan Pecandu

Madrasah inovatif, pandai mewujudkan tujuan pendidikan dan pandai mengasah kompetensi peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan hidup secara efektif.

Madrasah inovatif selalu melakukan pembaharuan materi, strategi dan proses pembelajaran, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki daya adaptasi terhadap setiap perubahan, perkembangan iptek dan mampu menggali ide yang diterima masyarakat luas dalam konteks persaingan yang ketat.

Dengan demikian madrasah Inovatif adalah madrasah yang melakukan pendekatan terhadap dunia pendidikan dari perspektif yang baru, sehingga madrasah inovatif akan selalu memberi kebebasan peserta didik untuk berkreasi, mengekspresikan perasaan dan kemampuannya, mampu memenuhi kebutuhan peserta didik terhadap lingkungan, menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan mengembangkan peserta didik pada seluruh aspek kepribadiannya, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas”.

Dalam sambutannya saat membuka acara Pelatihan kali ini Kepala Pusdiklat Tenaga Pendidikan dan Keagamaan, Dr. H. Imam Safe’i, M. Pd, Menyampaikan terima kasih kepada PLt. Kakanwil Kemenag Lampung yang telah mensuport kegiatan ini, dan kepada Seluruh Peserta agar dapat mengikuti kegiatan Pelatihan ini dari awal hingga selesai, karena disinilah kita bersama-sama belajar menimba ilmu untuk kita wujudkan, dan kita implementasikan ke lingkungan Madrasah kita masing-masing, jangan hanya punya tujuan sertifikat diklat nya, karena punya keyakinan dan pemikiran jika tidak dengan Diklat tidak akan bisa jadi Cawas maupun Cakep, niatkan semua demi anak didik kita, demi dunia pendidikan kita, siapa lagi kalau bukan kita, jadi sangatlah merugi bila kita lewatkan begitu saja moment yang sangat penting ini.

“Sekali lagi selamat mengikuti Kegiatan ini, semoga kita semua diberi kesehatan hingga selesai, dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim Acara Pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan VII, saya nyatakan Resmi dibuka,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.