Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Lampung Selatan Perpanjang PKS Dengan Universitas Bandar Lampung

Berita, Daerah1 Dilihat

Lampung Selatan, mediapromoter.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melakukan penandatanganan perpanjangan Kerjasama (PKS) dengan Universitas Bandar Lampung, tentang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan PKS dilakukan antara Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Agus Hariyanto dan Direktur Pascasarjana Universitas Bandar Lampung Dr. Andala Rama Putra Barusman di Ruang Kerja Bupati Lampung Selatan, Senin (22/8/2022).

Penandatangan turut disaksikan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para kepala perangkat daerah dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Direktur Pascasarjana Universitas Bandar Lampung Dr. Andala Rama Putra Barusman menggatakan, perguruan tinggi mempunyai peran penting dalam meningkatkan kapasitas SDM yang unggul dan mampu bersaing secara global.

Untuk meningkatkan kapasitas tsrsebut, lanjutnya, Universitas Bandar Lampung memberikan kemudahan bagi masyarakat, termasuk pemerintahan untuk meraih pendidikan tinggi.

“Kami memberikan kemudahan untuk berkuliah, khususnya untuk teman-teman di pemerintahan. Alhamdulillah, kami dipercaya oleh pemerintah, tahun ini mendapatkan izin program S3 dibidang managemen. Nah, untuk mempermudah diperlukan adanya kerjasama. Untuk memberikan beasiswa juga butuh itu,” katanya.

Lebih jauh, Andala Rama Putra mengungkapkan, Universitas Bandar Lampung juga turut berkontribusi dalam membantu percepatan perekonomian masyarakat. Hal tersebut, kata dia, dilakukan melalui program-program yang terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adapun, lanjut Andala, program-program itu tertuang dalam 3 point utama, diantaranya yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Selain itu, Universitas Bandar Lampung berperan aktif membantu pemerintah dalam mendorong percepatan ekonomi. Ada beberapa pemetaan wilayah untuk wisata. Kerjasama untuk melakukan penelitian dan pengembangan melalui pengabdian masyarakat. Itu tergantung dari kebutuhan masing-masing daerah,” jelasnya.

BACA JUGA  Perkuat Ekosistem Bisnis Aviasi Dikawasan Asia Tenggara, Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perluas Jalinan Kerjasama Komersial

Melalui program tersebut, lanjut Andala, pengadian kepada masyarakat akan lebih terfokus dan lebih berdampak positif terhadap kemajuan perekonomian masyarakat. Terlebih, bila program itu dikolaborasikan dengan program yang akan atau sedang dilaksanakan pemerintah daerah.

“Pengabdian masyarakat ini akan lebih fokus, kami juga dituntut, berapa banyak kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat dan pembangunan di daerahnya. Kita kolaborasikan dalam program studi, untuk mempercepat dan mendorong percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya lebih lanjut.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, perpanjangan PKS ini merupakan salah satu bentuk upaya dari pemerintah daerah, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pemerintah daerah.

Mengingat, pada era digital seperti saat ini, seluruh elemen pemerintahan dituntut untuk serba cepat, tanggap dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan tata kelola pemerintahan yang ada. Terutama, mengenai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

“Untuk program S3 nanti akan disosialisasikan, nanti kita salurkan. Karena ini untuk jenjang karir mereka juga, sehingga nanti bisa makin lancar dan semakin meningkatkan SDM di Lampung Selatan itu sendiri,” kata Nanang.

Selain itu, Nanang juga menyampaikan, dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, Pemkab Lampung Selatan sedang melakukan pembenahan pada sektor pariwisata dan UMKM.

Salah satunya yaitu, sedang dilaksanakannya perubahan lalu lintas di kecamatan Kalianda. Menurut Nanang, hal tersebut membutuhkan sentuhan ide dari para intelektual Universitas Bandar Lampung, untuk membantu mendesain rekayasa lalu lintas di Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya sambut baik, bagaimana tadi UBL mendesain lalu lintas. Kami juga sedang merancang perubahan lalu lintas. Nah, ini nanti Dinas Perhubungan bisa kerjasama dengan Universitas Bandar Lampung,” ujarnya. (***)

Tinggalkan Balasan