BI Sosialisasi Uang Baru pada Mubes IWO Lampung

Berita2 Dilihat

Bandar Lampung, Mediapromoter.id  – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Lampung melakukan Sosialisasi Mata Uang Rupiah Edisi Tahun 2022 pada kegiatan Musyawarah Bersama (Mubes) Perwakilan Wilayah (PW) Ikatan Online Lampung (IWO) Provinsi Lampung yang digelar di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Lampung, Rabu (7/9/2022).

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut yakni dari Bank Indonesia Perwakilan Lampung yakni, Kepala Unit Kehumasan, Dyah Etika W.S serta Unit Implementasi Pengelolaan Uang Rupiah, Ridho Hananto dan Aris Munandar dan diikuti oleh seluruh Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) IWO Se-Lampung.

Kepala Unit Kehumasan, Dyah Etika W.S berharap, semua masyarakat Indonesia dapat mengetahui adanya terbitan pecahan uang kertas baru.

“Masyarakat dapat memahami secara utuh uang rupiah terbitan sebelumnya yang masih tetap berlaku sebagai alat transaksi pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya.

Dyah Etika W.S menambahkan, pemerintah bersama BI resmi menerbitkan tujuh pecahan uang rupiah kertas Tahun Emisi (TE) 2022 selang sehari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Ketujuh pecahan uang TE 2022 itu resmi diedarkan di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta secara masif perlu mensosialisasikan ke masyarakat hingga ke desa-desa,” jelasnya.

Adapun, uang baru yang diterbitkan terdiri dari pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Uang Tahun Emisi (TE) 2022 tersebut memiliki desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang disebut lebih handal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Menurut dia, penerbitan pecahan uang Rupiah dengan desain dan inovasi baru menjadi langkah baik untuk semakin menimbulkan rasa nasionalisme dan kecintaan kepada Tanah Air. Apalagi di dalam setiap lembaran uang Rupiah diketahui terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan bangsa Indonesia. Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan.

BACA JUGA  Hadiri World Water Forum Ke-10 Tahun 2024, Menhub Harap Kesadaran Menjaga Sumber Daya Air Semakin Meningkat

“Ada 8 pahlawan nasional yang terpampang di terbitan uang baru 2022, termasuk pasangan Proklamator RI, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan