Pintu Air Saluran Irigasi Di Pekon Tulung Asahan Kecamatan Semaka Butuh Segera Diperbaiki

Berita, Daerah1 Dilihat

Tanggamus,mediapromoter.id – Pasca Banjir yang melanda di beberapa Pekon yang ada di kecamatan semaka mengakibatkan kerusakan tanggul disisi kanan kiri aliran sungai semaka, salah satunya Pintu air saluran irigasi yang ada di Pekon Tulung asahan kecamatan semaka kabupaten tanggamus.

Pintu air saluran irigasi tersebut sangat vital bagi para petani yang ada disemaka, guna untuk mengaliri air kesawah dan irigasi tersebut memanjang mulai dari pekon Tulung asahan menuju pekon sidodadi.

terlihat jelas lobang longsoran di pintu air irigasi tersebut, akibatnya aliran yang mengalir tidak bisa maksimal seperti semula, yang dikhawatirka nantinya akan menghambat para petani untuk menggarap sawah mereka.

Rusli, selaku Kepala Pekon Tulung Ashan sangat berharap keada pemerintah yang terkait agar segera memperbaiki kerusakan saluran irigasi tersebut, karena saluran irigasi tersebut adalah satu-satunya irigasi yang ada di kecamatan semaka dan sudah lama ada.

“Saya selaku Kepala Pekon Tulung asahan sangat berharap kepada pemerintah propinsi maupun kabupaten agar supaya dapat segera memperbaiki kerusakan pintu air irigasi way semaka, karena nanti kasihan para petani disaat musim garap sawah terkendala dengan air”, jelasnya.
Senin (17/10/22).

Masih kata rusli, saluran irigasi tersebut adalah satu-satunya yang ada di kecamatan semaka sejak jaman presiden soeharto, yang melewati beberapa desa yang ada dikecamatan semaka.

Hal senada juga di ungkapkan Herman,warga pekon srikaton petani penggarap sawah, agar pihak dinas terkait yang ada di kabupaten tanggamus segera memperbaiki longsornya pintu air irigasi tesebut.

“Kami sangat berharap suapaya pihak kabupaten tanggamus segera memperbaiki pintu irigasi yang ada di Pekon Tulung Ashan, sebelum musim persawahan tiba karena sawah kami rata-rata bergantung pada irigasi tersebut”, paparnya.

BACA JUGA  Sukseskan World Water Forum di Bali, BNPB Operasikan Teknologi Modifikasi Cuaca

Kepada Dinas PU provinsi maupun kabupaten, supaya segera memperbaiki kerusakan irigasi yang ada di Pekon Tulung Asahan Kecamatan Semaka karena irigasi tersebut sangat vital dan sangat dibutuhkan hampir semua desa yang ada untuk mengairi persawahan para petani, yang kalau dibiarkan dikhawatirkan para petani gagal menggarap sawah.

(Red/Ndra)

 

 

 

 

.

Tinggalkan Balasan