DD Tahap III Ketahanan Pangan Desa Fajar Baru Serahkan Dua Ekor Sapi

Berita, Daerah0 Dilihat

Lampung Selatan, Mediapromoter.id – Prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2022 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah termasuk dalam kategori priotitas yang diarahkan bagian program prioritas nasional sesuai Kewenangan Desa dalam rangka untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan.

Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022 disebutkan, Dana Desa penggunaannya antara lain untuk program ketahanan pangan dan hewani, paling sedikit 20 persen. Ketahanan pangan itu dapat diartikan tersedianya pangan, akses pangan dan pemanfaatan pangan. Maka dalam konteks penggunaan Dana Desa bisa dimaksimalkan untuk pemanfaatan dan tersedianya pangan seperti yang dilakukan desa fajar baru kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Desa Fajar Baru M. Agus Budiantoro,S.HI menyerahkan Program Ketahanan Pangan berupa dua ekor sapi kepada kelompok masyarakat yang diharapkan kelompok ini dapat berkesinambungan.

“Dengan harapan ternak sapi dapat berkembang biak dan secara bertahap dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu membeli ternak sapi dapat memelihara induk sapi dan memperbaiki perekonomian masyarakat secara berkala, ” ungkap Budi sapaan akrab Kepala Desa Fajar Baru, (Kamis, 20/10/22).

Budi menambahkan, Adapun kegiatan lain dari program ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa di desa fajar baru melakukan peningkatan jalan tani sepanjang 321 Meter dengan lebar 3 Meter.

hal senanda disampaikan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Fajar Baru solichen kegiatan ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa hari ini adalah penyerahan dua ekor ternak sapi betina kepada kelompok masyarakat.

“Sebelumnya, sudah dilakukan untuk beberapa program yang sudah direalisasikan seperti tanaman hidroponik, anak-anak stunting, TMT untuk balita/ibu hamil, dan ada juga bibit alpukat, jelas sekdes kepada wartawan media ini Kamis, 20/10/2022 siang, ” terangnya.

BACA JUGA  Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Bersama Stakeholder Monitoring Bapokting di 8 Lokasi Berbeda

Dilokasi seorang warga bernama Agus yang merupakan salah satu kelompok masyarakat penerima bantuan ternak sapi betina mengatakan, sangat senang dengan program ini dan berharap kedepannya sapi-sapi ini dapat berkembang biak dengan cepat agar dapat dirasakan masyarakat lain didesa fajar baru.

“saya ucapkan terimakasih kepada aparatur desa fajar baru terkhusunya pak kades yang mana secara langasung telah perduli terhadap masyarakat, dalam hal ini juga saya akan menjaga dan merawat dengan baik sapi tersebut, ” pungkasnya. (Red/Din)

Tinggalkan Balasan