Kadisdikbud Lampung Takjub Kemajuan SMAN 2 Pringsewu

Berita, Daerah3 Dilihat

Pringsewu, Mediapromoter.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar, M.M, takjub dengan kemajuan pendidikan SMAN 2 Pringsewu, akhir-akhir ini.

Ketakjubannya terlihat saat Penjabat (Pj) Bupati Mesuji ini membuka “Gebyar Smanda” di SMAN 2 Pringsewu, pada Senin, 1 November 2022.

Kekaguman tampak semakin jelas, saat ia melihat kemegahan bangunan sekolah serta hasil dari proses pembelajaran siswa yang dikemas lewat gelar karya dan bazar siswa.

Kadisdikbud kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMA Diona Katharina, S.Sos., M.Pd, juga mengapresiasi kepemimpinan kepala sekolah Drs. Jumani Darjo, M.Pd

“Saya menilai sekolah ini semakin hari semakin maju. Ini merupakan hasil kerja sama yang baik dari semua pihak yang ada di sekolah maupun mitranya,” kata dia.

Ia yang saat itu juga didaulat untuk meresmikan gedung baru kantor SMAN 2 Pringsewu, merasa bangga karena bangunan sekolah terlihat representatif sesuai kebutuhan sekolah.

“Bangunan baru kantor ini diharapkan mampu mendorong semangat para guru dan tenaga kependidikan untuk terus bisa memberikan yang terbaik bagi sekolah,” ujarnya.

Usai meresmikan bangunan kantor, kepala Disdikbud yang kemudian melihat kegiatan gelar karya dan bazar, semakin terkagum dengan produk-produk yang ditampilkan siswa.

Tak hanya itu, ia beserta pejabat Disdikbud Lampung lainnya, tampak memborong produk-produk seperti minuman, makanan ringan, dan produk lain untuk dibawanya.

“Melalui kegiatan Gebyar Smanda ini, saya berharap para siswa semakin termotivasi dalam berinovasi demi menghasilkan karya-karya terbaiknya,” tutur dia.

Sementara Kepala SMAN 2 Pringsewu, Jumani Darjo, menerangakan Gebyar Smanda merupakan kumpulan dari empat kegiatan secara bersamaan yang dilakukan sekolah.

Secara perinci, yakni peresmian gedung baru kantor sekolah, launching program double track, gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan bazar kewirausahaan.

BACA JUGA  Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Bersama Stakeholder Monitoring Bapokting di 8 Lokasi Berbeda

Menurutnya, kehadiran gedung kantor baru ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing, serta menumbuhkan semangat dan rasa nyaman warga sekolah.

“Sekolah yang bagus, tentu diawali dengan penampilan yang bagus juga. Alhamdulillah kantor baru senilai Rp1,3 miliar yang bagus ini persembahan dari komite sekolah,” katanya.

Selanjutnya, pada launching program double track yakni untuk memberikan keterampilan kepada para siswa yang nantinya akan berwirausaha.

Program ini akan diikuti oleh siswa mulai dari kelas 11. Para siswa akan dibekali keterampilan oleh pengajar sesuai minat dan bakat yang dimiliki siswa.

“Jadi tidak semua lulusan bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Bagi yang tidak bisa kuliah, program inilah yang menjadi bekal mereka untuk berwirausaha,” kata dia.

“Program ini diberikan secara gratis. Termasuk mereka akan dimagangkan dan mendapat sertifikat keahlian yang dikeluarkan secara resmi oleh lembaga profesional,” sambungnya.

Kemudian pada gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila, merupakan unjuk karya hasil pembelajaran siswa yang merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kegiatan yang diikuti siswa kelas 10, lanjut mantan kepala SMAN 2 Bandar Lampung, ini menampilkan sembilan karakter budaya daerah yang ada di Tanah Air.

Gelar karya mengusung tema Bhineka Tunggal Ika dengan diikuti sembilan kelas, bagian dari menguatkan karakter profil pelajar Pancasila melalui kerja sama yang baik antar siswa.

“Dalam IKM, memang diberikan porsi 30 persen dari seluruh pembelajaran siswa. Namun, bukan produk yang ingin dihasilkan, tapi bagaimana para siswa bisa membangun kerja sama yang baik antar siswa,” kata dia.

Terakhir dalam Gebyar Smansa juga menghadirkan bazar kewirausahaan. Bazar diikuti siswa kelas 11 dan 12, yakni memamerkan hasil dari pembelajaran Kewirausahaan.

BACA JUGA  Mileanials Gelar Fun Game Di Tanjung Raya

“Di sekolah memang ada mata pelajaran Kewirausahaan. Jadi kesempatan ini kami juga meminta para siswa tersebut bisa memamerkan hasil dari pembelajarannya itu,” kata dia.

“Produk yang dipamerkan seperti minuman dan makanan ringan, ternyata disambut baik. Ini dibuktikan dengan cepat habisnya produk itu dibeli masyarakat,” tambahnya.

Diketahui, hadir pada pembukaan Gebyar Smansa, diantaranya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Drs. Sunardi, M.Pd, Ketua MKKS SMA Lampung Hendra Putra, M.Pd.

Ketua MKKS SMA Pringsewu Aris Wiranto, M.Pd, Ketua MKKS SMA Tanggamus Drs. Khairil Yusri, M.M, Ketua MKKS SMA Pesawaran Imanudin, M.Pd, Ketua MKKS SMA Lampung Utara Bambang Novriadi, M.Pd.

Kemudian, Camat Pringsewu Moudi Ary Nazolla, S.STP., M.H, Komadan Koramil Pringsewu Kapten Infantri Rahmad Hartanto, S.Sos, Kapolsek Pringsewu Kompol Ansori Samsul Bahri, M.H, Kepala Pekon Rejosari Rasmin, Kepala SMAN 1 Abung Semuli Hariyadi, M.Pd, dan undangan. (*)

Tinggalkan Balasan