ADVERTISMENT
BeritaDaerahPolitik

KPU Waykanan Laksanakan Rakor Uji Publik

0
×

KPU Waykanan Laksanakan Rakor Uji Publik

Sebarkan artikel ini

Way Kanan, Mediapromoter.id – Komisi Pemilihan Umum Way Kanan melaksanakan Rakor Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Way Kanan Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, berlangsung di hotel sinar bumi ratu, Jum’at (16/12/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Ketua KPU Way Kanan Refki dharmawan,S.H, beserta Anggota Doan Endedi, I Gede Klipz Darmaja, Tri Sudarto, Noprisyah Harianto , Sekretaris M.Arifin, Kasubbag, Admin beserta Staff, Bawaslu dan Forkopimda, Perwakilan Parpol.

ADVERTISMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rapat dibuka langsung Oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H dalam sambutan menyampaikan bahwa Pemilihan Umum bukan hanya tugas KPU dan Komisioner tetapi tugas bersama, masyarakat terutama Parpol peserta Pemilu, untuk itu penataan Daerah Pemilihan (Dapil) sangat penting sebagai arena kompetisi dalam penyelenggaraan Pemilu, dapil dan alokasi kursi juga akan menentukan derajat keterwakilan politik yang dihasilkan pada penyelenggaraan pemilu.

Noprisyah Harianto Kadiv Teknis menambahkan, untuk itu penataan dapil dan alokasi harus memperhatikan dan mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh aspek pemerataan dan kegiatan pembangunan ke seluruh wilayah kecamatan / kelurahan.

“Pada pemilihan anggota DPRD tingkat Kota dan Kabupaten kewenangan penataan dan penyusunan dapil berada di KPU Kota/ Kabupaten masing-masing. Karena itu perlu dilaksanakan Uji Publik agar mendapatkan saran, tanggapan, dan masukan dari masyarakat juga pemangku kepentingan terhadap rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD,” tambahnya.

Uji Publik pertama ini diinformasikan bahwa alokasi Kursi Anggota DPRD masih tetap sama yaitu sebanyak 40 kursi, KPU juga telah merancang untuk Daerah Pemilihan, terdapat 3 Rancangan penataan Dapil yang telah disusun berdasarkan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA  KRAPSI Walikota Cup 2, Eva Dwiana Berikan Motivasi Kepada Para Peserta

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2024. (Red/Yandi/Ton)

Tinggalkan Balasan