ADVERTISMENT
BeritaDaerahLambar

Pemkab Lambar Lakukan Musrenbang Di Dua Kecamatan

4
×

Pemkab Lambar Lakukan Musrenbang Di Dua Kecamatan

Sebarkan artikel ini

Lampung Barat, Mediapromoter.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kabupaten Lampung Barat, Senin (6/2/2023).

Musrenbang tersebut ditujukan untuk menyerap aspirasi masyarakat mengenai rencana pembangunan prioritas di tahun 2024 mendatang. Untuk di Kecamatan Suoh, Musrenbang itu dipusatkan di lapangan Balai Pekon Sukamarga, sementara untuk Kecamatan BNS dipusatkan di area Wisata Danau Asam Pekon Tembelang.

ADVERTISMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Musrenbang itu pun dihadiri dan dibuka langsung oleh Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman, MM., serta dihadiri para kepala perangkat daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah pekon, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Dalam Musrenbang tersebut, Pungut Subagio, mewakili masyarakat Kecamatan Suoh dirinya menyampaikan sejumlah usulan pembangunan terhadap Pemkab Lampung Barat.

Dari beberapa usulan yang disampaikan adalah, Pungut meminta agar dilakukan pembangunan jalan lingkar di Kecamatan Suoh yang saat ini mengalami kerusakan.

“Pada Musrenbang tahun lalu sudah diusulkan melalui panduan praktis para Peratin se-Kecamatan Suoh, kalau bisa segera direalisasikan,” kata Pungut.

Kemudian ia meminta adanya tindak lanjut penyelesaian terkait konflik gajah yang terjadi di wilayah Kecamatan Suoh yang hingga sampai saat ini belum juga selesai dan masih menjadi PR bersama.

Selanjutnya dia mengusulkan agar adanya pengerukan material yang menyebabkan pendangkalan sejumlah sungai yang ada di Kecamatan Suoh.

Sebab kata Pungut, jika sungai yang mengalami pendangkalan tidak segera diatasi, dikhawatirkan hal itu akan menyebabkan banjir dan mengancam hasil pertanian masyarakat setempat khususnya tanaman padi yang bisa saja mengalami gagal panen.

BACA JUGA  KRAPSI Walikota Cup 2, Eva Dwiana Berikan Motivasi Kepada Para Peserta

“Harapannya apa yang diusulkan masyarakat Suoh dapat terealisasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ediyanto, tokoh masyarakat Kecamatan BNS, dalam Musrenbang tersebut dirinya mengapresiasi hasil pembangunan yang sudah dilakukan Pemkab Lampung Barat melalui pitu program yang dicanangkan semasa kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM) periode 2017-2022.

“Melalui pitu program di Lampung Barat mengalami kemajuan, mulai dari peningkatan infrastruktur mantap sampai peningkatan iman dan taqwa,” tuturnya.

Ediyanto pun berharap kepada Pj. Bupati Lampung Barat yang saat ini dijabat oleh Drs. Nukman, M.M., agar pitu program tersebut dapat terus dilanjutkan.

“Harapannya ke depan, pitu program ini dilanjutkan,” pungkasnya.

Diketahui, pada Musrenbang tersebut, Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman, MM., secara simbolis menyerahkan dana Kecamatan Suoh sebesar Rp.4.781.192.953-,. Kemudian penyerahan Dana Desa (DD) senilai Rp.903.499.00-, dan Anggaran Dana Pekon (ADP) senilai Rp.444.753.500-, untuk Pekon Suka Marga Kecamatan Suoh. Selanjutnya diserahkan pula Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Merata (BPPM) untuk sekolah tingkat TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs di Kecamatan Suoh senilai Rp.181.686.000-,.

Hal serupa dilakukan Nukman di Kecamatan BNS, yakni menyerahkan Dana untuk Kecamatan BNS senilai Rp.8.813.786.050-,. Sementara untuk DD Rp.789.077.000-, dan ADP Rp.362.253.500-, untuk Pekon Tembelang Kecamatan BNS. Kemudian BPPM untuk sekolah tingkat TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs di Kecamatan BNS senilai Rp.261.348.000-,. (Red/Yandi)

Tinggalkan Balasan