Farida Aryani Sosialisasi Pembinaan IPWK di Kecamatan Natar

Lampung Selatan, Mediapromoter.id – Anggota DPRD Lampung Selatan Farida Aryani menggelar sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) di desa Negara Ratu kecamatan Natar, Jumat (17/2/2023).

Anggota Fraksi PDI-P itu memaparkan, bahwa penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yakni dengan cara saling menghargai satu sama lain, tidak memaksakan kehendak orang lain ataupun kelompok.

Selanjutnya disampaikan Farida Aryani, wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kita dituntut harus berkontribusi untuk bangsa dengan cara-cara yang elegan. Perkembangan teknologi semakin masif, ini salah satu potensi dan ancaman bagi generasi penerus jika tidak pandai memilah dan memilih cara menggunakannya,” terang Farida.

Farida Aryani juga meminta masyarakat untuk menyebarkan pesan optimisme, semangat persatuan dan berlomba-lomba memberikan informasi yang edukatif.

Sementara, narasumber Riza Aribat Al-Faqih SH menerangkan pengertian ideologi pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila merupakan penjelasan umum dalam ideologi ini

Menurut Riza, Ideologi ini bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal pancasila merupakan aturan mengenal moral, karenanya pelaksanaan harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunaannya.

“Jika aturan pancasila sebagai ideologi negara dilanggar, maka hukuman berupa sanksi moral dan sanksi sosial harus bisa diterima,” ujarnya. (***)

BACA JUGA  Wakil Walikota Bandar Lampung Hi. Deddy Amarullah Menghadiri Gerakan Sinergitas Reforma Agraria

Tinggalkan Balasan