Lantik Pengurus PMI Kecamatan Merbau Mataram, Bunda Winarni : Pelayanan Untuk Disabilitas Jadi Yang Utama

Lampung Selatan, Mediapromoter.id – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto melantik Dewan dan Pengurus PMI Kecamatan Merbau Mataram periode 2023-2028, Rabu (23/02/2023).

Pelantikan itu berlangsung di Lapangan Kecamatan Merbau Mataram yang satu lokasi dengan kegiatan Merbau Mataram Fair 2023.

Darisman Ketua Pengurus PMI Kecamatan Merbau Mataram yang baru dilantik meminta bimbingan dari ketua dan Ketua Dewan Pengurus, untuk melaksanakan tugas dan kewajiban kami sebagai pengurus PMI di Kecamatan.

“Terima kasih kepada Ketua PMI Kabupaten yang telah melantik dengan ini kami mohon bimbingan agar kami bisa melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Pengurus untuk menonlong masyarakat,” ucap Darisman.

“Kami siap berada ditengah masyarakat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan khususnya bantuan Darah dan melakukan donor darah. Siap berada di tengah masyarakat untuk membantu dan menolong masyarakat di Kecamatan Merbau Mataram,” ujarnya

Camat Merbau Mataram Heri Purnomo mengatakan kecamatannya sudah antisipasi stok darah, dipuskesmas Merbau Mataram sudah melakukan aksi donor darah untuk mengisi bank darah.

“Kami di tingkat kecamatan sudah mengantisipasi dengan menyediakan kantong darah lewat donor darah di Puskesmas Merbau Mataram,” kata Heri.

Heri menambahkan akan melakukan secara rutin bekerjsama dengan pusksesmas merbau agar 3 bulan sekali melakukan uji sampel darah yang akan di donorkan.

“Kedepannya kami akan bekerjasama dengan PMI juga Puskesmas akan menyelenggarakan donor darah secara rutin dan melakukan uji sampel darah yang akan didonorkan,” ungkapnya.

Dirinya berharap Pengurus PMI yang baru dilantik bisa kompak dalam menjalankan tugas dan kewajibannya khusunya di bidang kemanusiaan di Kecamatannya.

Hadir mendampingi Winarni, plt Kepala Dinas Pendidikan Asep Jamhur, plt Kepala Dinas Kesehatan Hari Wijaya, Direktur RS Bob Bazar, Camat beserta Forkopimcam Merbau Mataram, Pengurs PMI Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA  Raffi Ahmad Ajak Masyarakat Lampung Dukung Mirza

Sementara, Winarni menyampaikan selamat kepada Dewan Pembina dan Pengurus PMI Kecamatan Merbau Mataram yang baru saja dilantik, semoga dengan pelantikan ini bisa segera menjalankan program dan gerakannya dibidang kemanusiaan.

“Selamat kepada Dewan Pembina dan pengurus PMI Kecamatan Merbau Mataram yang baru saja dilantik semoga bisa segera melaksanakan programnya dibidang kemanusiaan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya ketua PMI Lampung Selatan itu mengatakan sambutannya diberi judul PMI Lampung Selatan inklusif.

“Kenapa judul inklusifitas ini penting, salah satu hasil rekomendasi pertemuan G20 yang disampaikan oleh Presiden Jokowi adalah mendorong dan memperkuat layanan dan sistem kesehatan yang inklusif, merata, tanggap perubahan, kerjasama multi pihak dan tidak ada satupun pihak yang terdiskriminasi, dan ini sesuai dengan prinsip-prinsip kepalang merahan,” terangnya.

Dirinya mengatakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita di PMI bisa kita dilaksnakan secara maksimal untuk membantu masyarakat.

“Apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai pengurus PMI bisa dilaksanakan secara maksimal untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata Winarni.

Selaku ketua PMI Kabupaten Lampung Selatan Winarni menyampaikan agar pengurus menyusun strategi, target dan rencana kerja, juga mengembangkan layanan untuk semua golongan termasuk disabilitas sebagai sasaran prioritas.

“Program, strategi dan rencana kerjanya segera disusun dan kembangkan layanan untuk semua golongan khusunya disabilitas yang jadi prioritas,” ujar Winarni.

Tidak hanya itu dirinya juga menambahkan lakukan pendekatkan layanan PMI kepada masyarakat, dengan mengembangkan pusat layanan di desa salah satunya bank darah desa di semua desa se-Kecamatan.

“Perlu juga kita melakukan pendekatan kepasa masyarakat salah satunya dengan mengembangkan layanan bank darah disemua desa desa yang ada di seluruh Kecamatan,” imbuhnya.

BACA JUGA  Kemenhub Siapkan Antisipasi Pergerakan Masyarakat Pada Libur Panjang Perayaan Waisak

Tidak lupa dirinya mengajak masyrakat untuk membantu dalam kemanusiaan dengan cara rutin melalukan donor darah .

“Saya mengajak masyarakat di Kecamatan Merbau Mataram ini untuk aktif mendonorkan Darahnya secara rutin untuk kemanusiaan dan lewat donor darah ini juga baik kesehatan,” kata Winarni. (*)

Tinggalkan Balasan