ADVERTISMENT
BeritaNusantara

Balai Penyuluhan KB Kec. Pabuaran Beri Edukasi Stunting Lewat Demo Masak

3
×

Balai Penyuluhan KB Kec. Pabuaran Beri Edukasi Stunting Lewat Demo Masak

Sebarkan artikel ini

Serang, Mediapromoter.id – Menindak lanjuti Program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) program Pemerintah melalui BKKBN yang sudah dicanangkan dengan tujuan mengatasi stunting di daerah-daerah. Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Pabuaran melaksanakan demo masak dengan kandungan gizi seimbang untuk Ibu hamil dan balita di Desa Sindangsari, Kec. Pabuaran, Kabupaten Serang.
Kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa setempat yang dihadiri Ketua Penyuluh KB Kecamatan Pabuaran Syifa Rahma Natasha beserta tim penyuluh dan diikuti peserta terdiri kader serta ibu-ibu hamil dan yang memiliki balita, Selasa (20/3/2023).

“Sasarannya sendiri bumil dan ibu yang memiliki balita. Memang sasaran sudah ada kader-kader pendampingnya, sebelumnya memang sudah kita scerining lalu kita kumpulkan disini untuk diberikan penyuluhan” jelas sifa.

ADVERTISMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lanjut sifa, tujuan Demo Masak untuk mengedukasi ibu hamil dan ibu yang memiliki anak yang stunting, bahwa memasak itu tidak sulit.

“Kegiatan ini diikuti 10 orang, enam yang memiliki balita dan empat ibu hamil, setelah diberikan penyuluhan para peserta di ajarkan proses cara memasak dan pilihan menu yang diharapkan terdapat kandungan gizi seperti protein, karbohidrat, dan lemak, tetapi ada sayur dan buahnyanya juga,” lanjutnya.

Program DASHAT ini akan berjalan selama 10 bulan, disetiap bulannya nanti akan diadakan pertemuan dan evaluasi kembali dan akan dilakskan demo memasak lagi bagi para ibu-ibu tersebut.

“Memang kegiatan ini tidak dilaksanakan setiap hari, akan tetapi nantinya para kader akan melakukan pendamping dengan mengintip dapur-dapur mereka yang hadir pada hari ini. Sebulan akan kita undang kembali untuk melaksanakan demo memasak lagi,” kata sifa.

BACA JUGA  Pra Hani 2024, BNN Musnahkan Lahan Ganja di Aceh Besar

Salah satu peserta kegiatan berharap dengan adanya kegiatan demo ini dapat menambah pengetahuan tentang tumbuh kembang anak dan cara mengantisipasi stunting.

“Kita bisa mengantisipasi stunting ini kan melalui kegiatan ini, kita bisa tahu tumbuh kembang anak, makanan yang bergizi, makanan pendampingnya seperti apa,” katanya. (Red/DKM)

Tinggalkan Balasan