Desa Wawasan dan Desa Bangun Sari Diterpa Bencana Angin Puting Beliung, 106 Rumah Warga Rusak

Peristiwa2 Dilihat

Mediapromoter.id , Lampung Selatan –  Desa Wawasan dan Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Sari diterjang bencana angin puting beliung. Angin puting beliung disertai hujan deras tersebut terjadi sekira pukul 15.00 WIB, pada Minggu (9/4).

Total sebanyak 92 rumah warga di Dusun Budi Jaya dan Dusun Asri Jaya Desa Wawasan mengalami kerusakan ringan hingga kerusakan sedang akibat bencana angin puting beliung yang terjadi sore hari itu.

Tak hanya rumah warga saja, Fasilitas umum, Fasilitas Sosial, Fasilitas Pendidikan dan juga Fasilitas Ibadah tak luput dari amukan angin puting beliung tersebut.

Sampai saat ini Kepala Desa Wawasan, Agus Prasetiyanto, A.Md.Keb., beserta Aparatur Desa, Bhabinkamtibmas, Aipda Endie Briades, Babinsa Desa, Sertu Miranto, serta tim Kecamatan Tanjung sari melalui kasi Trantib sedang mendata dan bergotong-royong membersihkan puing-puing atap rumah yang berserakan akibat angin puting beliung tersebut.

Dari informasi yang dihimpun media ini tidak ada korban jiwa akibat bencana itu, namun ratusan rumah warga porak poranda.

Kepala Desa Wawasan, Agus Prasetiyanto, A.Md.Keb., menyebutkan bahwa rumah warganya yang banyak terdampak berada di Dusun Budi Jaya dan Dusun Asri Jaya.

” Benar mas, di desa kami sedang dilanda musibah angin puting beliung. Kejadiannya sore tadi sekira pukul 15.00 WIB, angin puting beliung melingkar dari arah selatan menuju ke arah utara disertai hujan deras,” Ungkap Agus Kepada Media ini, Minggu Malam (9/4).

” Sejauh ini kami beserta aparatur desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta tim dari Kecamatan telah mendata sebanyak 92 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan dan kerusakan sedang, 89 rumah ada di Dusun Budi Jaya, sementara 3 rumah ada di Dusun Asri Jaya,” Kata Agus.

BACA JUGA  Polemik Aparatur Desa Jadi PKD, Wazzaki : Harus Ada Surat Izin Atasan

Agus melanjutkan,” Fasilitas Pendidikan juga terdampak, SDN Wawasan tembok pagarnya sampai roboh, SMA Bintang Timur, TK Bintang Timur juga terdampak. Sementara untuk Fasilitas Ibadah, Masjid dan juga Gereja di Dusun Budi Jaya juga terdampak. Jadi total bangunan yang rusak di Desa kami sejumlah 97 bangunan,” Lanjutnya.

Agus menjelaskan bahwa kejadian musibah ini juga terjadi di Desa tetangga yaitu Desa Bangun Sari, total sebanyak 14 rumah di Desa tersebut juga mengalami kerusakan.

” Desa tetangga kami, yaitu Desa Bangun Sari juga terdampak bencana angin puting beliung ini, informasi yang kami dapatkan disana ada 14 rumah warga yang rusak, jadi jika di total di Desa Wawasan dan Desa Bangun Sari ada 111 bangunan yang rusak, 106 rumah warga, 2 Fasilitas Ibadah, 3 Fasilitas Pendidikan,” Jelasnya.

Sementara itu, sampai saat ini Pemerintah Desa Wawasan sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Tanjung Sari terkait bencana ini.

” Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, data-data rumah yang rusak sudah kami sampaikan, insya’allah Bupati Lampung Selatan, Bapak H. Nanang Ermanto besok juga akan turun langsung meninjau musibah di desa kami ini,” Kata Agus.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga masyarakat yang terdampak musibah agar tetap sabar dalam melalui bencana alam ini.

” Saya himbau kepada warga yang terdampak musibah agar tetap sabar dalam menjalani ujian dari Allah ini, kami selaku Pemerintah Desa akan terus berupaya dan berkoordinasi dengan Pemkab Lampung Selatan, guna mendapatkan solusi dan bantuan dari Pemkab Lampung Selatan terkait bencana ini,” Terang Agus.

” Besok mulai pukul delapan, akan diadakan apel pagi di Balai Desa dan akan dilanjutkan dengan kegiatan gotong-royong membersihkan puing-puing atap genting yang berserakan,” Imbuhnya.

BACA JUGA  Polemik Aparatur Desa Jadi PKD, Wazzaki : Harus Ada Surat Izin Atasan

Sementara itu, Camat Tanjung Sari, M. Dicky Cherlanda, S.I.P., M.I.P., mengatakan bahwa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan terkait bencana angin puting beliung yang terjadi di wilayahnya itu.

” Tim Kecamatan melalui Kasi Trantib sudah turun langsung ke lokasi bencana mas, tidak ada korban jiwa, kerusakan terjadi pada Fasilitas Umum, Toko Usaha, Merchant Retail, Fasilitas Pendidikan dan juga Rumah Warga. Sementara jumlah kerugian belum bisa ditaksir,” Jelas M. Dicky Cherlanda.

” Untuk laporan awal, kami sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial, dijadwalkan besok tim BPBD akan turun langsung ke lokasi didampingi Tim Kecamatan untuk memberikan bantuan awal,” Ujar Dicky. (Red).

Tinggalkan Balasan