Ketua Komisi IV DPR RI Sudin Buka Bimtek Pemanfaatan Air di Kecamatan Palas

Lampung Selatan, Mediapromoter.id – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Sudin, SE., membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) pemanfaatan air di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas, pada Rabu (12/04/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementerian Pertanian Ir. Rahmanto, MSc, para pejabat struktural pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Sudin menjelaskan, sebagai kunci utama untuk keberhasilan pengembangan pertanian, perlu dilakukan pengelolaan yang baik dan benar terhadap air sehingga pemanfataannya bisa lebih optimal.

“Pengelolaan air ini yang paling penting, tadi sudah dikatakan oleh beliau tidak ada tanaman yang tidak membutuhkan air. Jadi tata kelola air ini sangat penting sekali untuk sawah,” jelasnya.

Sudin menambahkan, pertanian merupakan sumber utama penghasil lumbung pangan. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan pertanian yang baik sehingga hasilnya pun bisa lebih berkualitas dan maksimal.

“Ancaman krisis pangan sudah melanda hamlir 50 negara di dunia, yang terjadi di kita yang menjadi kekekhawatiran untuk rakyat indonesia, pertama resiko kelangkaan air, kemudian banjir, kekeringan yang berkepanjangan dan rusaknya ekosistem lahan,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meminta agar peserta bimtek bisa mengikuti acara tersebut dengan sebaik mungkin. Menurutnya, momentum tersebut merupakan kesempatan emas mencari ilmu dan mengasah kemampuan dalam sektor pertanian.

“Kesempatan kita untuk bagaimana mencari ilmu, mengasah, kalau kata pak Sudin, walaupun kita sudah tua, kalau mencari ilmu itu tidak kenal usia. Alhamdulillah hari ini Lampung Selatan ada 2 agenda, pagi tadi hingga siang ini terus digembleng,” ujar Nanang.

BACA JUGA  Pro dan Kontra Masa Jabatan Nanang Ermanto, Hasanuddin, SH : Baru Masuk Satu Periode

“Karena ilmu itu sagat luar biasa manfaatnya, untuk menbangun daerah kalau tidak ada ilmu tidak bisa. Sama dengan diri kita, tidak ada orang lain bisa merubah kita selain diri kita sendiri. Sekarang pertanian sudah canggih, semua menggunakan teknologi, saya harap pertanian di Lampung Selatan bisa berkembang lebih pesat lagi,” tutup Nanang. (ptm).

Tinggalkan Balasan