Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Lampung Pada Mei2023tetap Kuat

Bandarlampung, Mediapromoter.id – Keyakinanmasyarakat Lampung terhadap kinerja ekonomi Lampung secara keseluruhanpada Mei 2023tetap kuat. Hal ini terkonfirmasi dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Provinsi Lampung (BI Lampung) yang menunjukkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) masih berada pada level optimis (>100) sebesar 151,67.

Optimisme konsumen tersebut tercatat lebih tinggijika dibandingkan dengan 124,33 pada bulan April 2023.IKK Mei2023 di Lampung yang tetap positif, sejalan dengan IKK Nasional padaMei 2023 yang sebesar 128,3, atau tetap berada pada level optimis.IKK Lampung Mei 2023 yang kuat ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis.

IKE yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini tetap berada pada level optimis. Hal ini tercermin dari IKE sebesar 141,17,meningkat dibandingkan bulan April 2023 sebesar 119,33. Terjaganya IKE didukung oleh optimisme konsumen terhadappenghasilan, ketersediaan lapangan kerja saat ini, dan tingkat konsumsi barang tahan lama (durable goods).

Pada Mei 2023, 53,5% responden memiliki persepsi bahwa ketersediaan lapangan kerja saat ini meningkat jika dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu. Sejalan dengan hal tersebut, sebanyak 57,5% responden memiliki persepsi bahwa penghasilan saat ini meningkat jika dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu.

Adapun, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goodsjuga tercatatmengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. 41,5% responden menyatakan konsumsi durable goods yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode April 2023, sementara 49,5% responden lainnya menyatakan relatif stabil. Konsumsi durable goodsyang meningkat terutama pada belanja furniture dan perabotan rumah tangga, sementara 21,0% responden lainnya memilih belanja elektronik.

Sementara itu, IEK yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian 6 bulan ke depan (November2023) jugatetap berada pada level optimis. IEK padaMei2023 tercatat sebesar 162,17lebihtinggi jika dibandingkan dengan 129,33 pada periode sebelumnya.

BACA JUGA  Simpan 3 Kg Ganja Siap Edar, Pemuda di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap optimis terutama ditopang oleh stabilnya perkiraankondisi kegiatan usaha secara umum 6 bulan kedepan.Sebanyak 59,5% responden memperkirakan kondisi kegiatan usaha secara umum sedikit membaik 6 bulan yang akan datang dibandingkan saat ini, sementara 20,0% responden lainnya memprakirakansama dengan kondisi saat ini.

Sebanyak 47.5% responden menyatakan ketersediaan lapangan kerja yang lebih tinggi pada 6 bulan mendatang karena kondisi ekonomi yang membaik, sementara 34,4% responden menyatakan kegiatan/proyek Pemerintah/Swasta meningkat.Disisi lain indeks ekspektasi terhadap penghasilan pada 6 bulan yang akan datang tercatat sebesar 160,5 lebih tinggi jika dibandingkan dengan 142,00 pada bulan sebelumnya, sejalan dengan perkiraan kondisi kegiatan usaha secara umum pada 6 bulan yang akan datang. (***)

Tinggalkan Balasan