Gedung Bangunan Sekolah SDN 1 Sukaraja Kecamatan Semaka Sangat Miris, Harap Pemda Tanggamus Turun tangan

Tanggamus,mediapromoter.id – Kondisi Miris keadaan Bangunan gedung Sekolah SDN 1 Sukaraja yang memiliki 71 anak didik dan berada tepat di lingkungan pasar Pekon Sukaraja Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus sudah lebih dari 20 tahun tidak pernah di adakan rehab atau renovasi dari Pemerintah daerah.

Dari pantauan awak media dilokasi, Jum’at (21/07/2023) kondisi dari SDN 1 Sukaraja tersebut terlihat memprihatinkan. Seluruh ruangan kelas rusak parah serta tergolong rawan ambruk. Bagian atap sudah rapuh karena masih menggunakan asbes banyak yang bocor, kondisi atap tampak jelas terlihat sudah begelombang.

Tidak hanya itu, kondisi tembok bangunan yang retak dan sudah banyak yang terkelupas, lantai masih semen belum di keramik, keadaan plapon yang menganga di setiap ruangan, serta kayu, Kusen-kusen pintu, jendela yang sudah keropos dan lapuk karena sudah tua termakan usia.

Kondisi ini sangat membahayakan bagi para siswa-siswi yang sedang melaksanakan pembelajaran dikelas, apalagi saat cuaca hujan para guru langsung memindahkan para siswa-siswi ke kelas yang lainnya.

Ngadino, selaku kepala sekolah SDN 1 Sukaraja Saat dikonfirmasi mengatakan, bangunan sekolah ini berjumlah 6 kelas dengan 2 bangunan semua kondisinya sama seperti yang terlihat hanya ruangan guru dan ruangan perpustakaan yang masih bagus.

“Untuk kondisi sekolah saat ini atapnya sudah rapuh banyak yang bocor karena masih menggunakan asbes tembok bangunan pun retak dinding tembok banyak yang sudah terkelupas di hampir semua ruangan kelas dan Kusen-kusen sudah pada keropos, kami hanya bisa berupaya merawat kerusakan kecil saja tapi sudah beberapa kali tetap saja retak,” jelasnya.

Masih di tempat yang sama salah satu dewan guru juga menambahkan, waktu kepala sekolah yang dulu kami dari pihak sekolah sudah berusaha berupaya mengajukan permohonan kepada pemerintah dan dinas terkait dengan mengajukan proposal, di saat acara musrembang, bahkan dari pihak SPLP pun sudah datang untuk mengecek, tapi sampai saat ini tidak pernah ada tindak lanjut.

BACA JUGA  Pasokan Beras Lampung Terjaga, Gubernur Lampung Pimpin TPID Lampung Dalam Upaya Stabilitas Harga Beras

“Waktu masih kepala sekolah yang dulu sebelum pak Ngadino kita pernah mengajukan proposal ke pemerintah dan dinas pendidikan, waktu Musrenbang juga tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya,” tambahnya

Melihat kondisi dari rusaknya bangunan sekolah, salah satu guru menuturkan, banyak orang tua enggan memasukan anaknya ke sekolah SDN 1 Sukaraja. Kemungkinan, kondisi dari bangunan sekolah yang rusak menjadi salah satu alasan dan memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah lain meskipun jaraknya lebih jauh.

“Mungkin kondisi sekolah salah satu penyebab orang tua tidak mau menyekolahkan anaknya di SDN 1 Sukaraja ini, karena di Sukaraja ada 3 sekolahan,” tuturnya

Demi kenyamanan dan keselamatan siswa-siswi dalam kegiatan belajar untuk meraih harapan dan mewujudkan cita-citanya agar pemerintah daerah dan dinas terkait tidak tutup mata dan tutup telinga untuk segera memberikan bantuan rehab atau renovasi, bahkan agar perbaikan total karena kondisi bangunan sekolah saat ini sudah semakin parah.

(Red/Ndra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *