Rektor ITERA Hadiri Gelaran AHEC 2023

Bandarlampung, Mediapromoter.id – Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, menghadiri gelaran hari ke-2, ASEAN Higher Education Conference (AHEC) 2023, di Grha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jumat, 25 Agustus 2023. Dalam kesempatan tersebut Rektor juga menyempatkan meninjau stan ITERA dalam AHEC Expo yang menampilkan berbagai produk inovasi unggulan berbagai program studi dan pusat riset di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Rektor ITERA turut mengikuti sesi panel kedua bertema “Strengthening Pentahelix to Improve University Employability and Industry Growth”. Sesi tersebut menghadirkan pembicara Menteri Perindustrian RI, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, President of University of Economics Ho Chi Minh City, Vietnam, Prof Su Dinh Thanh, dan Dato Dr Low Tuck Kwong (President Director of PT Bayan Resources Tbk) dengan moderator Prof Bambang Hari Kusumo (Rektor Universitas Mataram).

Kepada Menteri Perindustrian, Rektor ITERA mendorong agar Kementerian Perindustrian RI turut memberikan kesempatan kolaborasi yang lebih luas dengan perguruan tinggi. Hal tersebut selaras dengan program Kedaireka yang memang telah dijalankan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Sementara Menteri Perindustrian RI, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam forum yang dihadiri para pakar pendidikan dan pimpinan perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut menekankan pentingnya peningkatan employability atau kemampuan kerja sumber daya manusia Indonesia. Perguruan tinggi diharapkan mendukung hal tersebut dengan menghasilkan lulusan dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan global.

Kepada Menteri Perindustrian, Rektor ITERA mendorong agar Kementerian Perindustrian RI turut memberikan kesempatan kolaborasi yang lebih luas dengan perguruan tinggi. Hal tersebut selaras dengan program Kedaireka yang memang telah dijalankan oleh Kemdikbudristek.
Pada kesempatan tersebut, Rektor ITERA yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sistem Pembelajaran Digital Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) berkesempatan memberikan plakat penghargaan kepada para pemateri.

BACA JUGA  Pasokan Beras Lampung Terjaga, Gubernur Lampung Pimpin TPID Lampung Dalam Upaya Stabilitas Harga Beras

Pada hari ke-2 AHEC juga diadakan sesi panel ketiga bertema “The Role of Higher Education in Building Resilient Society and Promoting Environmental Sustainability” hadir sebagai pembicara Vice Chancellor, Universiti Teknologi Malaysia, Prof Ahmad Fauzi Ismail, Prof Ari Kuncoro (Rektor Universitas Indonesia), Assoc Prof Huon Thavrak (Vice Rector of Royal University of Agriculture, Cambodia), dan Dany Amrul Ichdan (Wakil Direktur Utama PT Mineral Industri Indonesia) dengan moderator Prof. Rina Indiastuti (Rektor Unpad).

Sementara pada hari ke-2 AHEC Expo, stan ITERA masih menarik pengunjung. Beberapa pengunjung mencoba beberapa produk inovasi yang ditampilkan ITERA, seperti minyak angin jahe, hingga Peta Bintang, dan Jentera Awan. Para pengunjung juga menggali informasi seputar program studi yang ada di ITERA. (Humas/ Rudiyansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *