Tim ITERA Masuk Final Presentasi Anugerah Inovasi Daerah 2023

Bandar Lampung, Mediapromoter.id – Tim Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang diwakili dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (KDV), Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, berhasil masuk dalam tahap final presentasi Lomba Anugerah Inovasi Daerah 2023, yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Lampung.

Pada kategori peneliti, tim ITERA menjadi satu dari enam tim peneliti yang melaju ke babak final dan hasilnya akan diumumkan dua pekan mendatang.

Tim ITERA terdiri atas Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds., Dr. Sunarsih, S.S., M.A., Doni Alfaruqy, S.Pd., M.Pd., Maria Veronika BR Halawa, S.Pd., M.Sn. Menurut Susi, timnya mengusung inovasi berjudul Digitalisasi dan Kodefikasi Warna Berstandar Internasional pada Pakaian Adat Suku Pepadun dan Saibatin Lampung sebagai Upaya Pelestarian Khazanah Budaya Lampung.

Dia berharap inovasi timnya pada lomba dengan tema Inovasi Tepat Guna yang Unggul dan Berkelanjutan untuk Lampung Berjaya dapat dipresentasikan dan diterapkan kepada masyarakat luas.

“Inovasi dapat mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat terutama di Provinsi Lampung. Selain itu, inovasi menjadi pilar penting dalam mendorong daya saing suatu daerah, ” ungkapnya. Sabtu, (26/8/23).

Seperti diketahui, lomba Anugerah Inovasi Daerah 2023 yang diinisiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung disambut antusias masyarakat Lampung. Lomba yang telah dimulai sejak Maret 2023 dibagi dalam tiga kategori yakni umum, peneliti dan pelajar (SMP/MTS, SMA/SMK/MA). Peserta diminta menciptakan teknologi tepat guna dan mengembangkan budaya penelitian.

Sebanyak 59 peserta lomba dengan rincian 19 peserta kategori umum, 20 peserta kategori peneliti dan 20 peserta kategori pelajar. Pada Juli 2023, panitia telah memutuskan masing-masing enam tim pada tiap kategori lulus tahap presentasi.

BACA JUGA  Simpan 3 Kg Ganja Siap Edar, Pemuda di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

Tahap final presentasi telah digelar pada Rabu, 23 Agustus 2023, di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), Bandar Lampung. Hadir pada kegiatan tersebut, Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si., selaku Kepala Balitbangda Provinsi Lampung, mengapresasi inovasi yang ditelah dipaparkan peserta.

“Inovasi dapat mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat terutama di Provinsi Lampung. Selain itu, inovasi menjadi pilar penting dalam mendorong daya saing suatu daerah, ” terang Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si.,.

Dia menguraikan setelah seleksi final, maka akan diadakan acara selanjutnya yaitu penyerahan hadiah peserta juara 1-3 dan harapan 1-3 untuk 3 kategori yaitu Peneliti, Pelajar dan Umum. (***)

Tinggalkan Balasan