Apel Besar Operasi Mantap Brata Krakatau, Bawaslu Lampung : Kolaborasi Bersama Ciptakan Pemilu Aman Dan Damai

Bandarlampung, Mediapromoter.id – Menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang, dalam segi keamanan, pihak Kepolisian dan TNI serta Stakeholder terkait terus lakukan persiapan guna terciptanya situasi aman dan kondusif.

Untuk itu, Polda Lampung lakukan apel besar pasukan operasi mantap brata krakatau 2024 yang pimpin langsung oleh Kapolda Lampung Irjen. Pol. Helmy Santika di lapangan Korpri Pemprov. Lampung, Selasa Pagi (17/10) dan dilakukan secara serentak di tingkat Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Giat tersebut di hadiri Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar, Ketua KPU Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Sekda Provinsi Lampung, serta Unsur Forkompinda Provinsi Lampung.

Selain itu Polda Lampung menyiagakan pasukan Unit Siber untuk mengantisipasi maraknya hoaks selama masa pemilihan umum (Pemilu) 2024. Keriuhan dunia maya pada saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018 lalu menjadi perhatian pada pengamanan pemilu mendatang.

Irjen. Pol. Helmy Santika mengatakan pasukan siber ini akan dikerahkan sebagai antisipasi dan penanganan bentuk pelanggaran di dunia maya. “Kita juga antisipasi maraknya hoaks, black campaign maupun kampanye negatif lainnya,” kata Helmy

Tim siber ini akan memetakan pergerakan bentuk kampanye di media sosial bersama Bawaslu dan KPU Lampung. Helmy menambahkan pemilu 2024 kali ini diperkirakan lebih kompleks dibandingkan pemilu sebelumnya.

Untuk pengamanan fisik Polda Lampung mengerahkan sekitar 1.573 personel dan polres jajaran sebanyak 5.140 personel.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar memberikan atensi khusus dalam pengawasan selama masa kampanye pemilu. “Kita harap ada kesadaran dari masyarakat tidak adanya isu pembelahan di masyarakat, misalnya ada akun seruan isu SARA langsung lapor ke Polri langsung take down,” kata dia.

lebih lanjut Iskardo mengimbau untuk menjaga netralitas ASN, Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas ASN, TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *