Dukung Polda Amankan Komika Pelaku Penista Agama

Bandarlampung, Mediapromoter.id – Salah satu praktisi hukum di Provinsi Lampung, Indra Jaya SH MH CIL CMe, mengapresiasi atas respons cepat Kapolda Lampung terhadap laporan sejumlah kalangan untuk menangkap Komika Aulia Rakhman dalam kasus dugaan penistaan agama.

Adapun kata Indra, pasal yang disangkakan kepada Komika asal Lampung ini adalah Pasal 156a huruf a KUHP tentang penistaan agama.

“Saya kira, langkah polri sudah tepat agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat dan ini menunjukkan jajaran di Polda Lampung merespons cepat laporan dan masukan dari masyarakat yang cinta damai tanpa adanya kasus penistaan agama.

“Kami mendukung sikap tegas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) khususnya Polda Lampung dalam menegakkan keadilan. Jadi siapapun pelaku penghinaan terhadap simbol agama harus diproses secara hukum,” ujar penasehat hukum media Promoter ini, Senin (11/12).

Sekretaris DPD KAI Lampung ini menilai perilaku penistaan agama yang dilakukan oleh Komika Aulia Rakhman harus mendapatkan hukuman tegas karena sangat berbahaya bagi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa.

“Oleh karenanya kita mendukung Mapolda Lampung tak perlu segan untuk melakukan penegakan hukum terhadap semua pelaku penista agama.

“Atas dasar itulah maka kami sampaikan rasa hormat dan apresiasi sebesar-besarnya pada Kapolda Lampung yang bertindak cepat untuk menangkap orang yang sudah bikin gaduh dan menimbulkan keresahan di masyarakat itu'” ungkapnya.

Polri, memang harus proaktif untuk menindak tegas hal-hal seperti itu demi menghindari terjadinya klaim sepihak merasa yang paling benar. Apalagi dalam fase-fase tahun politik seperti saat ini.

“Sebab jika dibiarkan, penistaan agama ini akan membahayakan bagi simbol negara, generasi muda dan kehidupan persatuan dan kesatuan. Serahkan pada proses hukum saja,” pungkasnya.

BACA JUGA  Perolehan Suara Pilpres Provinsi Lampung Tertinggi Diraih Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka

Diketahui, Polda Lampung akhirnya memeriksa Aulia Rakhma. Pascaviral videonya, berbagai elemen masyarakat bermunculan agar komika asal Provinsi Lampung itu diproses atas dugaan penistaan agama.

“Komika tersebut diamankan di Polda Lampung dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan,” kata Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Umi Fadilah Astutik, Sabtu (9/12/2023).

Pernyataan Aulia Rakhman yang dilaporkan, sebagaimana yang viral di media sosial, antara lain:  “coba lu cek penjara, ada berapa yang namanya Muhammad di penjara. Kayak penting saja nama Muhammad sekarang”.

Aulia Rakhman telah meminta maaf atas tayangan video pada akun @auliarakhman90, Jumat (8/12/2023). Dia mengakui salah. “Saya ingin mengklarifikasi dan memohon maaf atas video yang beredar baru-baru ini di acara Desak Anies,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *