Bawaslu Lampung Ingatkan Aturan Kampanye Iklan di Media Massa Cetak, Elektronik, Dan Daring

Bandarlampung, Mediapromoter.id – Pada rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Iklan di Media Massa Cetak dan Elektronik, yang digelar oleh KPU Provinsi Lampung dan dihadiri oleh anggota Bawaslu Lampung, Tamri kembali menegaskan pentingnya kewaspadaan bagi awak media dalam tahapan kampanye melalui media massa cetak, elektronik dan daring.

Tamri menyoroti peran Bawaslu Lampung dalam mengawasi jalannya kampanye, dengan menjamin bahwa peserta pemilu dan tim kampanye mematuhi aturan dan tidak terlibat dengan pihak-pihak yang dilarang. Proses ini dipantau secara cermat untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan, termasuk terkait STTP.

“Mengacu pada Pasal 27 Ayat (2) PKPU 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu, yang mengatur bahwa kampanye di Iklan Media Massa Cetak, Media Massa Elektronik, dan Media Daring serta rapat umum hanya berlangsung selama 21 hari, berakhir sampai dengan dimulainya Masa Tenang. Saya tegaskan betapa pentingnya mematuhi batas waktu tersebut,” Ucap Tamri.

Terdapat beberapa aturan terkait iklan, termasuk larangan menyisipkan materi iklan dalam bentuk penulisan di program acara atau melalui iklan yang disajikan. Tamri juga menyoroti kerjasama Bawaslu dengan Dewan Pers, yang telah diatur melalui MoU, serta pembicaraan teknis terkait pembagian tugas pengawasan di dalam media.

“Jika terjadi pelanggaran, Bawaslu akan bertindak terhadap peserta pemilu yang melanggar dapat dikenai sanksi pidana. Berbeda dengan sanksi terhadap awak media akan ditangani oleh Dewan Pers,” Tegas Tamri.

Dengan demikian, kerjasama antara lembaga terkait diharapkan dapat menciptakan lingkungan pemilu yang transparan, berintegritas, dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *